NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan
nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan
Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data
Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN
menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk
pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai
Standar Pengkodean
yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN
akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar
dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa
lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan
pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan
secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan
dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan
pengajuan atau masukan (
entry) sumber data siswa yang telah
divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan
Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode
identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka
dalam batasan tertentu melalui situs NISN (
http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).
Tujuan dan Manfaat
- Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di
seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan
berkesinambungan.
- Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa
secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan
Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel
berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
- Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan
dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik
pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat,
propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan
Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi
Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar